Komodo Bond Di Bursa Saham London

Komodo Bond Di Bursa Saham London

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Jasa Marga menerbitkan obligasi luar negeri pertama kali dengan mata uang rupiah bernama Komodo Bond di London Stock Exchange (LSE), Inggris, Rabu 13 Desember 2017. PT Jasa Marga menerbitkan obligasi Rp 4 triliun untuk mendanai pembangunan infrastruktur di Negara RI. Targetnya, menurut Presiden RI Joko Widodo usai mengikuti KTT Luar Biasa OKI di Istanbul, Turki, Rabu 13 Desember 2017, yakni akses likuiditas (Setkab RI, 13/12/2017).

“Komodo” populer di Inggris, Australia dan negara Eropa seperti Italia dan Spanyol. Hewan purba “Komodo dragon” pernah hidup di Australia sekitar 3,8 juta tahun silam. Namun, Komodo masih hidup dengan ukuran fisik stabil sampai hari ini hanya di pulau Komodo dan Rinca, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur (Claudio Ciofi, 2004: 197-2004). “Komodo” sama populernya dengan “Hobit” di Inggris. Awal abad 21, ahli Australia, Inggris, dan Amerika Serikat berupaya memetakan evolusi dan migrasi manusia dengan merujuk pada fosil Homo floresiensis di Liang Bua, Flores Barat, NTT (Nature, 2004).

Di Inggris, sebutan pop manusia Liang Bua ialah Hobit karena postur kecil hanya tinggi 1,06 m dan usia 30 tahun. Berdasarkan hasil analisa 133 poin spesimennya, ahli Australian National University (ANU) menyimpulkan, Homo floresiensis (“Hobit”) – mirip Homo habilis di Afrika sekitar 2,4 juta – 1,6 juta tahun silam. Professor Mike Lee (Flinders University) memakai model analisa statistik juga menemukan, “Hobit”adalah “sister species” Homo habilis dan menempati posisi lebih tua dalam evolusi manusia dan lebih tua dari Homo erectus di Afrika, Eurasia, India, Tiongkok, dan Indonesia kira-kira 1,9 juta – 143 ribu tahun silam (The Guardian, 2017; Manji Hazarika, 2007; Parth R. Chauhan, 2003).

Maka rilis Komodo Bond di LSE, Inggris, selain promosi wisata Komodo di Labuan Bajo, Flores Barat, NTT, juga promosi Pulau Flores dan sekitarnya sebagai “Jurassic Island” dunia. Sejauh ini, obligasi rupiah di LSE, London, dijual oleh European Bank for Reconstruction and Development, HSBC dan Barclays, dengan total nilai sekitar 2 (dua) miliar dollar AS (Reuters, 13/12/2017). Ini adalah peluang yang dapat dikelola untuk kesejahteraan Rakyat Negara RI.

Tinggalkan Balasan