Komisi II DPR RI gandeng KPU Merauke sosialisasi pendidikan pemilih

Komisi II DPR RI gandeng KPU Merauke sosialisasi pendidikan pemilih

Merauke, Jubi – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke untuk mensosialisasikan pendidikan pemilih untuk pemilu serentak yang akan berlangsung tanggal 17 April 2019 mendatang.

Dalam sosialisasi yang berlangsung di Swiss Belt Hotel, Senin (25/2/2019) itu, hadir sejumlah komponen mulai dari para tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan mahasiswa, dan sejumlah stakeholder lain.

Anggota Komisi II DPR RI, Komaruddin Watubun, kepada sejumlah wartawan, mengatakan ada tiga tugas dari DPR yakni fungus legislasi, anggaran, serta pengawasan.

“Kegiatan sosialisasi yang dilakukan hari ini adalah bagian dari fungsi legislasi,” ujarnya.

Dikatakan, oleh karena undang-undang pemilu cukup rumit, sehingga wakil rakyat di Senayan diwajibkan memberikan sosialisasi sebanyak empat kali.

“Khusus saya di daerah pemilihan Papua, sosialisasi dilaksanakan di beberapa kabupaten, salah satunya adalah Merauke,” katanya.

Setelah dari Merauke, lanjut Komarudin, pihaknya akan melakukan sosialisasi di sejumlah daerah lain yakni Kota Jayapura, Nabire, Biak, serta Timika. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan.

Dikatakan, pihak penyelenggara dalam hal ini KPU maupun Bawaslu, harus memiliki sumber daya manusia (SDM) memadai sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar yang memiliki hak pilih, datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April untuk memberikan suaranya.

“Kalau penyelenggara kurang cerdas, tentunya akan berdampak terhadap banyak hal dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut,” ungkap dia.

Ketua KPU Merauke, Maria Theresia Mahuze, menyampaikan terima kasih kepada anggota Komisi II DPR RI, karena telah menggandeng KPU melaksanakan kegiatan dimaksud. Tentunya ini sangat bermanfaat kepada semua orang, menjelang pemilu April mendatang.

Saat ini, katanya, KPU sedang gencar-gencarnya bersama relawan demokrasi mengajak sekaligus mensosialisasikan kepada pemilih lima surat suara yang nantinya dicoblos. (*)

Editor: Dewi Wulandari

dari https://www.jubi.co.id/komisi-ii-dpr-ri-gandeng-kpu-merauke-sosialisasi-pendidikan-pemilih/

Tinggalkan Balasan